Sabtu, 09 November 2019

POTENSI PEMANFAATAN STEROID UNTUK MAKHLUK HIDUP

          Sebelum kita membahas potensi pemanfaatan steroid untuk makhuk hidup langah baiknya jik kita mereview ulang materi sebelumnya. Steroid ini memiliki ciri khas yaitu memiliki struktur dasar  17 buah atom karbon yang nantinya akan membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana. Terdapat berbagai macam senyawa turunan dari steroid ini, misalnya kolesterol, ergosterol, progesterone, dan estrogen. Itulah sebabnya steroid ini memiliki fungsi sebagai hormone. Jenis-jenis steroid tersebut dibedakan berdasarkan pada letak gugus fungsional yang diikat oleh keempat cincin tersebut dan tahap-tahap oksidasi dari setiap cincinnya.

1. Sterol
STRUKTUR KOLESTEROL
           Lemak sterol ini merupakan suatu bentuk steroid yang khusus dimana sterol ini memiliki rumua bangun yang diturunkan dari kolestana dan dilengkapi dengan gugus -OH pada atm C-3. Sterol ini memiliki beberapa turunan salah satunya yaitu kolesterol yang terdapat pada manusia. Kandungan koesterol yang hanya diperbolehkan didalam darah yaitu 200-220 mg/dL. Jika kadar kolesterol dalam darah itu mengalami peningkatan maka akan menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dijantung, inilah salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung koroner. Kolesterol ini sendiri memiliki banyak manfaat yaitu sebagai pelindung sel, membantu memproduksi vitamin D, pembentukan hormon seks, dan sebagainya. 

2. Hormon Seks
              Hormon seks yang terdapat pada laki-laki yaitu testosteron sedangkan pada perempuan yaitu progesteron dan estrogen. 
Struktur hormon testosteron
Hormon testosteron yang terdapat pada laki-laki memiliki fungsi sebagai pengembangan organ laki-laki, otot, rambut dan pembentukan sperma. 
Hormon estrogen
Hormon estrogen memiliki fungsi pengembangan organ kewanitaan, seperti pada proses ovulasi.
Hormon progesteron
Hormon progesteron memiliki fungsi dalam menyiapkan uterus untuk menyuburkan indung telur. 

3. Hormon Adrenokortikoid
          Hormon ini berasal dari kelenjar adrenal. Hormon adrenokortikoid ini terbagi menjadi dua jenis yaitu glukokortikoid dan mineralkortikoid. Dimana hormon jenis ini memiliki peranan yang penting yaitu dapat mengontrol inflamasi. Glukokortikoid memiliki manfaat penting pada metabolisme karbohidrat dan daya imun, sedangkan mineralkortikoid memiliki peranan yang besar terhadap keseimbangan cairan dan elektrolit. Dikarenakan banyak nya manfaat dari krtikosteroid ini, maka banyak sekali pengobatan yang menggunakan nya. Selain memiliki manfaat yang banyak, kortikoseteroid memiliki banyak efek samping, yaitu sekitar sembilan puluh lima efek samping pengobatan. Kortikosteroid sering disebut life saving drug karena dalam penggunaanya sebagai antiinflamasi, kortikosteroid berfungsi sebagai terapi paliatif, yaitu menghambat gejala saja sedangkan penyebab penyakit masih tetap ada. Akan tetapi kortikosteroid ini tidak boleh digunakan secara terus menerus dkarenakan dapat memberikan efek samping yang merugikan. Salah satu efek samping dari kortikosteroid adalah menurunkan jumlah limfosit dan monosit di perifer dalam 4 jam.

Contoh simplisia yang mengandung senyawa steroid :

1. Pepaya
        Pepaya ini mengandung senyawa steroid golongan sterol. Daun ppepaya dapat digunakan sebagai obat malaria, penambah nafsu makan, penyakit beri-beri, dan penurun suhu tubuh.

2. Daun Asam Jawa
           Daun ini banyak digunakan sebagai obat demam, sakit kencing manis, sariawan, gatal-gatal, cacingan dan susah tidur. 

PERMASALAHAN :
1. Daun pepaya mengandung senyawa steroid khususnya sterol yang nengandung gugus hidroksil pada atom C-3, dan pepaya dipercaya dapat menambah nafsu makan. Kita ketahui bahwa daun pepaya tersebut memiliki rasa yang pahit.  Apakah penambah nafsu makan pada daun pepaya itu dipengaruhi oleh gugus fungsi Hidroksil tersebut?
2. Stigamsterol dan kolesterol merupakan senyawa turunan dari sterol hanya berbeda dari sumbernya saja. Tetapi pada potensi pemanfaatannya stigmasterol memberikan manfaat yang positif sedangkan kolesterol memberikan dampak negatif. Bagaimana hal itu bisa sangat mempengaruhi potensi dari kedua senyawa tersebut yang sangat berlawanan ?
3. Hormon estrogen yang rendah pada perempuan dapat mengakibatkan siklus mens menjadi tidak teratur. Apakah rendahnya suatu hormon estrogen dikarenakan adanya perubahan pada struktur hormon tersebut sehingga mengakibatkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur ?

4 komentar:

  1. 3. Menurut saya iya rendahnya hormon estrogen didalam tubuh dikarenakan struktur hormon tersebut mengalami suatu reaksi sehingga nantinya akan melepaskan H+ dan akan membentuk =O yang merupakan struktur dari hormon testosteron, sehingga perubahan struktur estrogen tersebut menyebabkan jumlah hormon estrogen didalam tubuh menjadi sedikit sehingga kadar menstruasi pada perempuan menjadi tidak teratur.

    BalasHapus
  2. saya akan menjawab permasalahan no. 2 yaitu Potensi kedua senyawa tersebut yang sangat berlawanan dipengaruhi oleh sumber dari kedua senyawa tersebut. Yang mana stigmasterol sendiri merupakan jenis lemak sterol nabati sehingga stigmasterol ini baik untuk dikonsumsi meskipu dalam jumlah yg banyak sehingga akan memberikan efek positif sedangkan kolesterol sendiri termasuk kedalam jenis lemak sterol yang bersumber dari zoosterol atau sterol hewani sehingga kolesterol ini hanya dapat dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, jika berlebih akan memberikan efek negatif bagi tubuh

    BalasHapus
  3. Saya akan menjawab permasalahan nomor 1. Daun pepaya walaupun tergolong alkaloid yang cenderung memiliki rasa pahit, namun juga karena terdapat steroid yang menyimpan fungsi kedua hormon tadi yang mampu merangsang nafsu makan. Alkaloid memiliki gugus OH yang menyebabkan ia basa dan memiliki rasa cenderung pahit.

    BalasHapus