Sabtu, 12 Oktober 2019

KERAGAMAN DAN KEUNIKAN STRUKTUR KIMIA ALKALOID


Struktur Kimia Alkaloid

        Sebelum membahas keragaman struktur  kimia alkaloid, terlebih dahulu . Alkaloid merupakan suatu senyawa organik yang memiliki sifat basa. Sifat basa pada senyawa alkaloid ini disebabkan oleh adanya atom Nitrogen dalam molekul suatu senyawa alkaloid itu didalam struktur lingkar heterosiklik atau aromatis . Alkaloid mengandung atom Carbon, Hidrogen, Nitrogen dan pada umumnya mengandung Oksigen. Alkaloid mengandung atom Carbon, Hidrogen, Nitrogen dan pada umumnya mengandung Oksigen. Alkaloid ini merupakan suatu golongan metabolit sekunder yang terbanyak dialam. Hampir seluruh alkaloid berasal dari tumbuhan dan tersebar luas dalam berbagai jenis tumbuhan tingkat tinggi. Senyawa alkaloid ini banyak terkandung pada akar, biji, kayu maupun daun yang terdapat pada tumbuhan dan juga dari hewan.

PENGGOLONGAN ALKALOID

1. Piridin

Piridin adalah senyawa heterosiklik yang memiliki rumus molekul C5H5N. Pada dasarnya struktur piridin ini sama dengan benzena hanya saja -CH digantikan oleh atom N. Piridin ini memiliki sifat yaitu tidak berwarna, mudah terbakar dan larut dalam air. Terdapat beberapa jenis piridin, yaitu :

a. Piperin
b. Konin

c. Trigonelline


d. Arecoline

e. Nikotin
Dan masih banyak senyawa lain yang termasuk kedalam golongan piridin.

2. Pirolidin
Pirolidin ini juga dikenal sebagai tetrahydropyrrole. Pirolidin ini merupakan suatu senyawa organik yang memiliki suatu amina sekunder siklik yang juga diklasifikasikan sebagai heterosiklik jenuh. Cairan ini bersifat larut dalam air, tidak berwarna, memiliki bau yang khas. Sama halnya dengan piridin, pirolidin ini juga memiliki beberapa jenis senyawa yang tergolong kedalam pirolidin, yaitu : 
a. Hygrine
b. Cuscohygrine

Sebenarnya masih terdapat banyak sekali jenis dari golongan alkaloid ini, Karena kita ketahui bahwa alkaloid ini tersebar hampir pada semua tanaman.          


PERMASALAHAN :

1.Kita ketahui bahwa pada senyawa alkaloid memiliki atom Nitrogen yang terdapat didalam struktur aromatis. Apakah jika terdapat atom Nitrogen pada rantai asiklik masih dapat kita katakan sebagai senyawa alkaloid seperti halnya meskalina ?

2.Kita hanya mengetahui bahwa alkaloid itu bersifat basa karena adanya atom Nitrogen pada strukturnya, Bagaimana cara kita menentukan suatu senyawa tersebut termasuk kedalam golongan alkaloid ? Apakah semua senyawa yang memiliki atom Nitrogen pada strukturnya tergolong alkaloid?

3.Ciri dari golongan alkaloid adalah memiliki atom Nitrogen pada strukturnya. Bagaimana penempatan atom Nitrogen sehingga akan menghasilkan struktur alkaloid yang berbeda ?

3 komentar:

  1. 1. Ada 2 penggolongan alkaloid berdasarkan atom nitrogennya. salah satunya senyawa alkaloid tanpa atom nitrogen yang heterosilik. Artinya atom N pada struktur alkaloid tersebut berada di rantai terbuka, bukan aromatis. Atau atom nitrogen tidak terletak pada cincin karbon tetapi pada salah satu atom karbon pada rantai samping. Salah satunya alkaloid efedrin (alkaloid amine) dan alkaloid capsaicin.

    BalasHapus
  2. Muhammad Yamin (A1C117047) menjawab no 2. Cara yang dapat digunakan untuk menentukan senyawa alkaloid ialah dengan cara uji fitokimia.
    Tidak semua senyawa yang memiliki atom nitrogen disebut alkaloid contohnya saja senyawa pirimidin dan asam nukleat yang bukan termasuk senyawa alkaloid

    BalasHapus
  3. 3. Alkaloid dengan atom nitrogen heterosiklik Dimana atom nitrogen terletak pada cincin karbonnya. Yang termasuk pada golongan ini seerti Alkaloid Piridin-Piperidin Mempunyai satu cincin karbon mengandung 1 atom nitrogen. Yang termasuk dalam kelas ini adalah : Conium maculatum dari famili Apiaceae dan Nicotiana tabacum dari famili Solanaceae.
    Semoga membantu:)

    BalasHapus