Jumat, 13 September 2019

KERAGAMAN DAN KEUNIKAN STRUKTUR TERPENOID



     
 Terpenoid adalah suatu senyawa yang berasal dari tanaman hidup yang memiliki beranekaragam struktur. Terpenoid ini merupakan suatu turunan dari senyawa isoprena (C5) karena itulah senyawa terpenoid ini juga dikenal dengan sebutan isoprenoid. Terpenoid sebenarnya sama dengan senyawa terpen yang lain, hanya saja terpenoid ini juga mengandung gugus fungsi yang lain seperti guus hidroksil, aldehid dan keton. Adapun struktur isoprena sebagai berikut :
Gambar struktur isoprena

Secara umum pembuatan dari senyawa terpenoid itu sendiri terjadi melalui 3 reaksi, yaitu :
1. Pembentukan isoprena yang mana berasal dari asam asetat yang dibuat dari asam mevalona.
2. Terjadinya penggabungan antara kepala dari suatu senyawa isoprena dengan ekor dari senyawa isoprena yang lain menghasilkan mono, di, seskui, dan politerpen.
3. Terjadinya penggabungan ekor dan ekor dari senyawa C15 atau C20 akan menghasilkan triterpen dan steroid

Gambar mekanisme reaksi pembentukan senyawa terpen
        Senyawa terpenoid memiliki struktur molekul isoprena yang saling berikatan atau berkaitan antara satu dan yang lain dimana “kepala” dari satu senyawa isoprena berikatan dengan “ekor” dari senyawa isoprena yang lainnya.  Senyawa terpenoid ini kebanyakan memiliki struktur yang jumlah atom C nya adalah kelipatan 5. Sehingga senyawa terpenoid ini dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kelompok yaitu monoterpen yang terdiri dari 10 atom C dan 16 atom H yang artinya memiliki 2 buah senyawa isoprena, seskuiterpen yang terdiri dari 15 atom C dan 24 atom H yang artinya memiliki 3 buah senyawa isoprena, diterpen yang terdiri dari 20 atom C dan 32 atom H yang artinya memiliki 4 buah senyawa isoprena, triterpen yang memiliki 30 atom C dan 48 atom H yang artinya memiliki 6 buah senyawa isoprena, tetraterpen yang memiliki 40 atom C dan 64 atom H yang artinya memilki 8 kali pengulangan senyawa isoprena, dan politerpen yang terdiri dari lebih dari 8 buah senyawa terpen. Sehingga rumus umum dari senyawa terpenoid ini yaitu (C5H8)dimana n disana merupakan penentu senyawa terpen tersebut termasuk kedalam kelompok yang mana. 

Contoh senyawa terpenoid yang terdapat pada tumbuhan :
Nama
Sumber
Contoh senyawa
Nama tanaman
Monoterpen
Minyak Atsiri
Champor
Kamferr
Sineol
Kayu putih
Thymol
Thymus
Seskuiterpen
Minyak atsiri
Artemisinin
Bunga Artemisia
Chamomile
Bunga matricia
Feverfew
Daun tanaman feverfew
Valerian
Bunga Valerian
Diterpen
Resin pinus
Ginkgo
Tanaman ginkgo
Taxol
Tanaman taxus
Triterpen
Cucurbitacins
Cucurbitacins
Tanaman labu
Tetraterpen
Pigmen Karoten
Karetonoid
Wortel
Politerpen
Karet Alam
Karet alam
Karet

 PERMASALAHAN :
1. Bagaimana cara kita untuk mengetahui bahwa suatu senyawa terpenoid termasuk kedalam kelompok mono, seskui, di, tri, tetra atau politerpen ?
2. Seperti yang kita ketahui, bahwa senyawa tetraterpen itu salah satunya terdapat pada wortel. Bagaimana manfaat dari wortel sebagai senyawa tetraterpen tersebut jika kita konsumsi ?
3. Mengapa senyawa terpenoid ini memiliki struktur yang beraneka ragam ?



3 komentar:

  1. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 1. Menurut saya, untuk membedakan kelompok terpenoid bisa kita lihat dengan membedakan sifat fisika senyawa yg sedang kita amati tersebut. Karena walaupun masih dalam satu kelompok yang sama, tidak akan ada senyawa yang mempunyai sifat yang sama persis dan gejala yang ditimbulkannya selama proses mendapatkannya pasti berbeda. Misalnya saja seperti monoterpenoid itu mempunyai sifat fisika tidak berwarna, sedangkan tetraterpenoid mempunyai sifat berwarna. Jadi bisa kita lihat misalnya jika senyawa tersebut berwarna atau sifat lainnya yang mendekati tetraterpenoid, maka dapat disimpulkan bahwa senyawa itu merupakan tetraterpenoid.
    (A1C117007)

    BalasHapus
  2. Saya akan membantu menjawab pertanyaan no 3.Struktur terpenoid itu beragam Karena terpenoid itu mengandung jumlah atom karbon kelipatan lima atau disebut jga dg isopren.Beberapa isopren itu nanti akan berikatan secara teratur dimana "kepala" dari unit satu akan berikatan dg "kaki" dari unit lain.Nah dari cara isopren itu berikatan,kita akan mengetahui bahwa struktur dari terpenoid yg terbentuk akan beragam.

    BalasHapus
  3. Saya mencoba menjawab permasalahan nomor 2. Bahwa senyawa Tetraterpen sering disebut sebagai karotenoid. Senyawa Tetraterpen memberikan warna merah, oranye dan kuning. Salah satu sumber senyawa Tetraterpen adalah wortel, yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia salah satunya sumber vitamin A.

    BalasHapus