Selasa, 20 Agustus 2019

Manfaat Kunyit sebagai Pereda Nyeri Menstruasi

Curcuma Longa/ Kunyit
Pada saat menstruasi seringkali perut terasa nyeri pada bagian bawah serta terkadang akan bertambah ke pinggang. Nyeri pada saat menstruasi tersebut dikenal dengan sebutan dismenorea. Dismenorea itu sendiri dibedakan menjadi dua berdasarkan penyebabnya yaitu dismenorea primer yang disebabkan oleh kontraksi uterus yang biasanya terjadi pada saat permulaan menstruasi usia 10-15 tahun dan dismenorea sekunder yang disebabkan adanya kelainan pada uterus dan saluran reproduksi. Dismenorea yang sering terjadi adalah dismenorea fungsional (wajar) yang terjadi pada hari pertama atau menjelang hari pertama akibat penekanan pada kanalis servikalis (leher rahim). Biasanya dismenorea akan menghilang atau membaik seiring hari berikutnya menstruasi. Dikarenakan terkadang pada saat hari pertama haid, para kau perempuan tidak dapat menahan nyeri haid tersebut sehingga dilakukan berbagai cara untuk mengurangi nyeri haid tersebut. Salah satunya yaitu dengan meminum kunyit. Yang mana kunyit itu sendiri sudah diyakini turun temurun dapat meredakan nyeri haid.
Kunyit itu sendiri mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi sebagai antioksidan, antimikroba, antiracun, antikanken dan antitumor. Selain itu, terdapat senyawa fenolik didalam kunyit yang dipercaya dapat digunakan sebagai antioksidan, analgetika, anti-mikroba, anti-inflamasi, dan dapat membersihkan darah. Curcumin yang merupakan senyawa aktif pada kunyit tersebut dapat menghambat terjadinya reaksi cyclooxygenase (COX) sehingga dapat menghambat dan mengurangi terjadinya inflamasi dan akan mengurangi serta menghambat kontraksi uterus yang meyebabkan nyeri pada saat haid.

Permasalahan :
1.    Mengapa kunyit dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada saat haid ?
2.     Adakah tumbuhan lain yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada saat haid ?
3.     Apa saja fungsi kunyit tersebut dalam bidang kesehatan ?
 

3 komentar:

  1. hallo niken, perkenalkan saya Yuli Pertiwi dengan NIM A1C117020 akan mencoba menjawab permasalahan nomor 1.
    kunyit selain digunakan sebagai bumbu dapur, juga memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan, salahsatunya seperti yang saudara Niken sebutkan yaitu dapat meredakan nyeri haid pada perempuan. saat wanita sedang haid, otot-otot rahim akan berkontraksi dengan kuat, hal ini akan menyebabkan kram perut yang akan terasa sangat menyakitkan. kunyit yang memiliki kandungan aktif kurkumin dapat menenangkan otot rahim yang berkontraksi karena sifatnya sebagai agen antiperadangan. salah satu hormon yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan adalah prostaglandin. kurkumin pada kunyit juga akan menghambat produksi hormon tersebut, sehingga rasa nyeri akan berkurang. terimakasih.

    BalasHapus
  2. Haii niken
    Saya Neng early oktavia dengan Nim A1C117044 akan Mencoba menjawaB permasalahan No 3

    Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwasanya senyawa curcumin lah yang paling efektif bekerja pada kunyit.
    Fungsi kunyit dibidang kesehatan sangat banyak dan mungkin tidak bisa secara detail saya jelaskan.
    1. Meredakan maag, senyawa curcumin pada kunyit dapat menghambat produksi asam lambung, sehingga jika kita mengkonsumsi kunyit secara rutin,luka pada lambung akan Sembuh.
    2. Meningkatkan nafsu makan
    3. Menurunkan kadar kolesterol, senyawa curcumin tadi juga dapat menurunkan kadar LDL atau kosterol jahat.
    4. Meningkatkan funsgi otak
    5. Mengatasi jerawat dan mencegah penuaan karena kunyit anti oksidan sehingga menunda radikal bebas.
    6. Mencegah diabetes, karena kunyit ngenadung curcumin yang menurunkan kadar gula sehingga menjaga sensitivitas insulin.
    7. Menurunkan berat badan
    8. Meredakan demam dan flu karena kunyit mengandung senyawa fenolik yang bersifat anTioksidan, anti inflamasi dan anti mikroba
    9. Mengobati asma
    10. Mencegah kanker dan masih banyak lagi fungsi kunyit dalam bidang kesehatan.
    Terimaksih
    Semoga membantu,

    BalasHapus
  3. Hai Niken,
    Saya Elda Septiana (027) ingin mencoba menjawab soal no 2.
    Ada tumbuhan lain yang dapat digunakan untuk mengobati nyeri haid. Seperti tumbuhan tapak Liman, asam Jawa, daun jambu biji, daun sirih, temulawak, jahe, dan masih banyak lainnya. Namun yang sering digunakan adalah kunyit ini.semoga membantu ya

    BalasHapus